May Day! Ribuan Buruh Tangerang Turun ke Jalan Merayakan Hari Buruh di Jakarta


 May Day! Ribuan Buruh Tangerang Turun ke Jalan Merayakan Hari Buruh di Jakarta

Ratusan Buruh Bergerak Ke Jakarta. Sumber: MetroTV

Dilansir dari Metrotvnews, Ribuan buruh dari Kota Tangerang bergerak menuju Jakarta pada Rabu, 1 Mei 2024, untuk menyampaikan tuntutan mereka pada Hari Buruh atau May Day 2024. Tuntutan utama mereka adalah pencabutan Undang-Undang Omnibus Law Ketenagakerjaan.

Massa buruh yang diberangkatkan mencapai 1.800 orang. Mereka menggunakan ratusan sepeda motor dan puluhan bus untuk menuju Jakarta. Kombes Zain Dwi Nugroho mengatakan, Polres Metro Tangerang Kota menerjunkan 495 personel untuk mengamankan jalannya aksi tersebut.

"Jumlah pasukan pengamanan sebanyak 495 personel yang kita siapkan untuk mengawal 1.800 massa buruh ke Jakarta," jelas Zain.

Aksi buruh diwarnai dengan orasi yang menuntut pencabutan UU Omnibus Law. Koordinator aksi dari Konfederasi KASBI Kota Tangerang mengatakan bahwa UU tersebut telah menyengsarakan buruh.

Buruh dari Tangerang akan bergabung dengan buruh dari daerah lain di Jakarta. Mereka akan menyuarakan aksinya di tiga titik lokasi, yaitu Patung Kuda, Stadion Madya, dan Mabes Polri.

"Ada delapan titik kumpul massa yang akan berangkat ke Jakarta. Nanti di sana, mereka akan terpecah ke tiga titik lokasi, yakni Patung Kuda, Stadion Madya, dan Mabes Polri," ungkap Zain.




Komentar