Sinar Mas Land Bantu Masyarakat Membaca Al-Quran: Program Berantas Buta Al-Quran di BSD City

 

Sinar Mas Land Bantu Masyarakat Membaca Al-Quran: Program Berantas Buta Al-Quran di BSD City

(Peresmian program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) pada Sabtu (16/3) lalu di Auditorium Green Office Park (GOP) 9, BSD City. Sumber: Press Realease - Sinar Mas Land)

BSD City, 19 Maret 2024 – Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat islam. Pada bulan ini semua kebaikan bagi umat islam dilipatgandakan pahalanya, oleh karena itu umat islam dianjurkan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk melakukan kebaikan, contohnya adalah membantu sesame.

Hal itu yang dilakukan oleh Yayasan Sinar Mas Land. Yayasan Muslim Sinar Mas Land (YMSML), di bawah naungan Sinar Mas Land, menyelenggarakan kembali program Berantas Buta Al-Qur'an (BBQ) di BSD City dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1445 Hijriah. Program ini merupakan hasil kerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pagedangan dan Yayasan Mama Papa. Peluncurannya diadakan pada hari Sabtu (16/3) di Auditorium Green Office Park (GOP) 9, BSD City.

Program Berantas Buta Al-Qur’an di wilayah BSD City

BBQ adalah program yang dilaksanakan oleh Yayasan Muslim Sinar Mas Land yang berfokus pada pengajaran. Pengajaran disini adalah pengajaran untuk membaca al-qur’an dengan metode Mama Papa.

2024 menjadi tahun keenam bagi program ini. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2018 dan telah diikuti sebanyak 849 ustadz dan guru mengaji dari 249 masjid/musala/TPA di sejumlah wilayah, yaitu BSD City, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, Grand Wisata Cibubur, Grand Wisata Bekasi, dan Grand City Balikpapan.

Kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan Corporate Social Resposibility (CSR) perusahaan dalam bidang sosial bagi masyarakat di sekitar lingkungan proyek Sinar Mas Land.

Ketua Yayasan Muslim Sinar Mas Land, Bambang Setiawan menerangkan tentang data umat islam Indonesia yang belum bisa membaca Al-qur’an, yaitu sebanyak 72%. Data tersebut merupakan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), yang kemudian menjadi fokus utama kegiatan Yayasan ini. Bambang Setiawan berharap dari program yayasan ini bisa menekan jumlah tingginya umat islam yang tidak bisa membaca Al-qur’an.

Antusiasme pun disampaikan oleh kepala KUA Kecamatan Pagedangan, H. Nuryani S.Ag, beliau sangat mendukung dan mengucapkan terima kasih kepada Yayasan karena telah mempercayakan KUA Kecamatan Pagedangan unutk menjadi bagian dari kegiatan program Yayasan Muslim Sinar Mas Land ini.

Program BBQ ditujukan untuk meningkatkan kemampuan para ustaz dan guru mengaji dalam mengajar Al-Quran. Program ini menyediakan pelatihan intensif yang disebut "Training of Trainers" (ToT) kepada mereka.

Pelatihan ini dilengkapi dengan berbagai bahan pembelajaran, termasuk buku panduan dan alat peraga. Salah satu metodenya yang terkenal adalah "metode Mama Papa", yang dirancang untuk membantu anak-anak belajar membaca Al-Quran dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Pada tahun ini, program Berantas Buta Al-Qur’an (BBQ) digelar di wilayah BSD City dengan sasaran ustadz atau guru mengaji. Rangkaian acara ini ditutup pada Hari Santri Nasional. Kegiatan lain dari program ini adalah penyelenggaraan program lomba membaca Al-qur’an serta hadiah bagi pemenang dengan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp25 Juta.

 

 

Komentar