Kunjungan CEO Apple ke BSD City, Ingin Buka Pabrik di Indonesia?

 

Kunjungan CEO Apple ke BSD City, Ingin Buka Pabrik di Indonesia?

Foto Tim Cook, Ceo Apple. (Sumber: People)

Dilansir dari CNBC Indonesia, Bos Apple, Tim Cook, akan melakukan kunjungan ke BSD City Tangerang, pada tanggal 20 April mendatang. Tujuannya melakukan kunjungan ke BSD City adalah berkunjung ke Apple Developer Academy di BSD.

Rencana kunjungan Tim Cook dikonfirmasi oleh Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi.

“Dari Apple Tim Cook mau datang 20 April,” ucapnya, Kamis (21/3/2024).

Kedatangan Tim ke Indonesia adalah untuk meresmikan Apple Developer Academy di Bali. Sebelumnya tempat Developer tersebut sudah ada di BSD dan Batam.

"Nanti kalau soal itu [pabrik]," jelasnya. "Apple itu membuat apple academy. Jadi buat melatih SDM-SDM kita. Bagus, sudah hampir 2000an," tambah Arie.

Isu soal produsen gawai membuka pabrik di Indonesia sempat hangat ketika debat capres dan cawapres beberapa saat yang lalu. Isu soal impor gawai sempat disinggung karena nilai impor gawai Indonesia sudah mencapai Rp30 triliun, sementara investasi pabrik gawai di Indonesia hanya Rp0,5 triliun.

Solusi membangun pabrik di Indonesia sempat diucapkan Prabowo, dia memberikan solusi atas masalah tersebut dengan meminta vendor asing untuk membangun pabriknya di Indonesia.

Selain itu, Satya Nadella dari Microsoft dijadwalkan akan datang ke Indonesia tiga hari sebelum Tim Cook dari Apple. Pertemuannya akan menjadi tindak lanjut dari kerja sama Kementerian Kominfo dan Microsoft, membahas transfer teknologi dan pengetahuan untuk transformasi digital Indonesia. Nadella menekankan pentingnya kerja sama dalam teknologi AI, yang terus berkembang dan perlu diadopsi oleh berbagai pihak industri.

"Karena mau tidak mau kan artificial intelligence ini AI ini akan terus berkembang, sehingga kita perlu banyak kerja sama dan mengadopsi berbagai pemain-pemain global, harus kita kerja sama," pungkas Budi.

Komentar