Fenomena Jastipers di Acara BeautyFest 2024: Cuan Banyak

 

tempat jastip di Beautyfest 2024


Jakarta, 3 Mei 2024 - Jastip merupakan hal yang sudah lumrah di era sekarang. Jastip merupakan kegiatan ekonomi yang mana menggunakan jasa seseorang yang membuka jasa penitipan di sosial media, biasanya barang yang dititipkan adalah barang kosmetik, merchandise kpop, dan lain-lain, tergantung kebutuhan pasar. 

Jasa titip (jastip) adalah layanan di mana seseorang menawarkan untuk membeli barang atas nama orang lain yang tidak bisa hadir di lokasi penjualan. Dalam konteks Beautyfest 2024, jastip menjadi solusi bagi mereka yang tidak dapat hadir secara langsung tetapi ingin mendapatkan produk-produk eksklusif atau diskon khusus yang hanya tersedia di acara tersebut.

Pada acara Beautyfest kali ini, panitia menyiapkan tempat tersendiri bagi para jastipers, yaitu jastiper lounge. Tempat dimana para Jastiper menitipkan barang yang mereka beli untuk pelanggan mereka. Para Jastiper pun melihat ini menjadi sebuah kesempatan untuk ladang cuan mereka. Kegiatan seperti ini cukup menguntungkan bagi para jastiper ucap Maulida, salah satu jastiper yang ada di acara Beautyfest 2024.

"Sebenernya acara seperti ini cukup menguntungkan, apalagi kalau kita sudah punya 'nama' di media sosial", ucap Maulida.

Maulida menambahkan total keuntungan yang ia dapatkan dari kegiatan ini adalah lima ribu sampai sepuluh ribu sesuai dengan kategori harga barang.

"Feenya mulai dari lima ribu dari harga nol sampai lima puluh ribu, lima puluh satu sampai seratus ribu akan dekanakan fee delapan ribu, dan seratus sampai seratus sepuluh ribu feenya sekitar sepuluh ribu", tambah Maulida. 

Jastip merupakan suatu mata pencaharian yang mengandalkan jasa, dari para jastiper yang membuka jasanya di media sosial, para konsumen melihat jasa mereka dan mencoba menitipkan barang kepada mereka. Kendala yang para jastiper rasakan adalah ketika mereka harus mengeluarkan fee lebih bahkan setara untuk fee pengiriman dan para konsumen mereka merasa tidak ada bedanya untuk membeli di jastip dan membeli langsung di olshop. 

"Mungkin bisa diadakan pengiriman khusus untuk jastip" imbuh Maulida.





Komentar