Pustaka Pahala, Perpustakaan Kekinian di Dalam Perumahan

 

Pustaka Pahala, Perpustakaan Kekinian di Dalam Perumahan

(Rak-rak koleksi buku dari Pustaka Pahala Ciputat, Tangerang Selatan. Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Ciputat, Tangerang Selatan – Bosan dengan rutinitas ngabuburit yang gitu-gitu aja? Tangerang Selatan punya opsi menarik nih! Pustaka Pahala, perpustakaan modern dengan suasana yang cozy, bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang ingin ngabuburit sambil belajar atau baca buku.

Perpustakaan ini berada di Perumahan Villa Gunung Lestari, Kelurahan Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan. Dari luar, Perpustakaan ini memiliki bentuk arsitektur yang unik, yaitu bentuk yang mengerucut dan tampak kecil. Batu bata dari tembok bangunan ini yang terlihat jelas menjadi ciri khas utama bagi bangunan perpustakaan ini.

(Sumber: Abouttng)

Dilansir dari abouttng, Pemilik perpustakaan ini adalah seorang arsitek Indonesia, Prof Gunawan Tjahjono. Salah satu karya beliau yang cukup terkenal adalah gedung Rektorat Universitas Indonesia, tempat ia mengajar dari tahun 1975 silam.

Perpustakaan ini free entry untuk para pengunjung. Masuk ke dalam Pustaka Pahala ada prosedur yang kamu lakukan, yaitu mengisi daftar hadir di meja kehadiran dan juga pengujung harus melepas alas kaki dan menggunakan alas kaki yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola Pustaka Pahala.

Ketika sudah di dalam, pengunjung langsung disuguhkan oleh rak buku yang menjulang tinggi dari lantai bawah ke lantai kedua. Rak ini yang jadi tempat utama penyusunan buku. Bentuk dari Rak buku ini juga cukup unik, yaitu berbentuk melingkar senada dengan bentuk arsitektur bangunannya.

Beranjak ke koleksi buku, perpustakaan ini menyediakan berbagai buku fiksi dan non-fiksi yang tertata rapi di rak-rak bukunya. Dilansir dari abouttng, jumlah koleksi buku yang tersedia di Pustaka Pahala berjumal 5.000 buku dan sudah termasuk majalah, pengunjung juga belum bisa meminjam buku untuk dibawa pulang dan hanya bisa membaca di tempat

Dimulai dari rak buku di lantai pertama, terdapat berbagai buku fiksi yang menarik untuk dibaca. Berikut beberapa jenis buku fiksi yang tersedia:

1.     Buku dongeng anak-anak: Koleksi dongeng yang penuh warna dan imajinatif untuk menghibur dan mencerdaskan anak-anak. Buku-buku dongeng ini terdiri dari bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

2.     Buku novel fiksi berbahasa Inggris: Novel-novel fiksi dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan menikmati cerita menarik dari berbagai negara. Ada penerbit terkenal yang khusus menerbitkan buku-buku dari naskah klasik, yaitu Wordsworth Classic.

3.     Buku fiksi novel berbahasa Inggris pasar Amerika: Beberapa novel fiksi pasar amerika juga ada di perpustakaan ini, seperti novel berjudul Hunger Game.

4.     Buku fiksi novel berbahasa Indonesia pasar domestik: Novel-novel Indonesia terbaik dari berbagai genre dan penulis ternama, Seperti Andrea Hirata, Anwar Fuadi, dan lain-lain.

5.     Buku fiksi novel berbahasa Indonesia pasar internasional: Novel-novel Indonesia yang telah diakui secara global dan diterjemahkan ke berbagai bahasa, Contohnya buku Laskar Pelangi yang sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa, di perpustakaan ini tersedia yang berbahasa Inggris.

6.     Buku-buku komik: Berbagai genre komik untuk semua usia, komik disini tersedia komik dari negara Jepang, Indonesia dan Inggris.

Pada lantai pertama, konsep membaca bukunya adalah lesehan. Pengunjung bisa membaca buku dengan rileks sambil berselonjoran dan juga bersandar ke Bean Bag yang telah disediakan untuk para pengunjung. Pada lantai pertama juga tersedia wastafel yang bisa digunakan oleh pengunjung. Suasana di Lantai bawah cukup cozy dan rileks. Atmosfir tenang dan rileks juga di dukung lampu pijar yang menerangi lantai pertama.

(Bentuk tangga untuk mengakses lantai kedua. Sumber: abouttng)

Akses untuk kelantai kedua adalah dengan melewati tangga besi yang di desain melingkar senada dengan desain tata letak rak-rak buku. Di lantai kedua konsepnya sudah tidak lesehan lagi, tetapi dengan duduk di bangku. Ada bangku-bangku yang disediakan oleh pengelola Pustaka Pahala berikut dengan mejanya.  

(Bentuk Rak buku dari lantai 2. Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Penata letakan rak-rak buku pada lantai dua juga menyerupai dengan lantai pertama, yaitu dengan melingkar. Pada rak-rak buku di lantai kedua ini tersusun rapih buku-buku bergenre non-Fiksi.

Koleksi buku buku non-fiksi pada lantai dua ini cukup beragam. Koleksi buku-buku fiksi tersebut terdiri dari:

1.     Buku-buku tentang agama: Terdiri dari tafsir tafisr agama islam serta buku buatan tokoh-tokoh terkenal dalam islam.

2.     Buku-buku tentang filsafat: Terdiri dari buku aliran aliran dalam filsafat, buku tentang pemikiran seorang tokoh, dan buku tentang biografi tokoh filsafat.

3.     Buku-buku tentang social science: Terdiri dari buku yang mempelajari tentang masyarakat dan kehidupan sosial.

4.     Buku-buku tentang tentang agama: Terdiri dari buku-buku berbagai agama dari tentang hukum-hukum sampai buku yang ditulis oleh tokoh agama tertentu.

5.     Buku-buku tentang bahasa: Genre buku ini terdiri dari bahasa inggris dan bahasa-bahasa dengan jumlah penutur yang mayoritas di dunia.

6.     Buku-buku tentang sains dan teknologi: Terdiri dari buku yang mempelajari hukum-hukum dalam sains dan lain-lain.

7.     Buku-buku tentang seni: Terdiri dari Buku-buku yang berisi tentang suatu cabang dalam seni

8.     Buku-buku tentang sejarah, biografi, dan ensiklopedia: Terdiri dari buku-buku tentang biografi tokoh terkemuka, ensiklopedia tentang Indonesia, dan sejarah-sejarah tentang suatu negara, keilmuan dan lain lain.

(Suasana di lantai dua dan bentuk atapnya. Sumber:abouttng)

Di lantai kedua Pustaka Pahala ini memiliki atmosfer yang cukup tenang dan sedikit gelap. Dengan rak-rak yang melingkar dan menjulang tinggi, sangat memberikan kesan tenang. Pada lantai dua ini pengunjung bisa melihat atap yang mengerucut dan terdapat lampu yang dijadikan sebagai penerangan utama perpustakaan ini. Penerangan tambahan lain pun berupa cahaya matahari yang masuk lewat jendela-jendela di tembok perpustakaan.

Pustaka Pahala ini cukup menyajikan pengalaman membaca yang menenangkan bagi pengunjung. Dengan suasana khas perpustakaan yang hening dan arsitekturnya yang unik, tempat ini sangat cocok bagi orang-orang yang gemar membaca buku. Terlebih perpustakaan ini berada di dalam perumahan yang sangat mendukung karena hening serta cukup jauh dari jalan raya. Perpustakaan Pustaka Pahala ini buka pada weekend saja. Pada hari Sabtu dan minggu Pustaka Pahala buka dari jam 10 pagi sampai lima sore, khusus bulan Ramadhan, Pustaka Pahala tutup pada jam empat sore.

  

Komentar