Antusiasme Tinggi dari Warga, TBM Kolong Kembali Dibuka

 

Antusiasme Tinggi dari Warga, TBM Kolong Kembali Dibuka

(Kegiatan Belajar Mengajar di TBM Kolong, Ciputat, Tangerang Selatan 17 Maret 2024. Sumber: Dokumen pribadi)

Tangerang Selatan – Taman Baca Masyarakat Kolong ramai dikunjungi warga sekitar untuk mengikuti rangkaian kegiatannya pada Minggu, 17 Maret 2024.

Dilansir dari goodnewsfromindonesia, penggagas kegiatan ini adalah komunitas FISIP Mengajar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan berkolaborasi dengan komunitas Orang Indonesia Tangerang Selatan, komunitas yang berasal dari penggemar musisi Iwan Fals ini berfokus pada kegiatan pengembangan kepemudaan. Kegiatan TBM Kolong pada hari Minggu ini dilaksanakan dengan berkolaborasi dengan BEM Institut Ilmu Al-Quran.

TBM Kolong juga membuka kesempatan bagi volunteer yang ingin ikut jadi panitia TBM. “Kita membuka untuk siapapun yang mau isi kegiatan disini.” Ucap Winda selaku Volunteer kegiatan TBM Kolong. Winda Saputri, selaku Volunteer kegiatan Taman Baca Masyarkat Kolong mengatakan kalau kegiatan TBM ini kerap diisi oleh komunitas, perusahaan, dan organisasi, tetapi yang tidak boleh mengisi adalah dari partai partai politik.

Lokasi utama kegiatan TBM Kolong ini adalah di bawah fly over Ciputat, Tangerang Selatan. Winda mengatakan kalau kegiatan ini pernah mencari tempat lain untuk menyelenggarakannya ketika pandemi covid-19.

Kegiatan Taman Baca Masyarakat ini terdiri dari kegiatan literasi seperti membaca dan dongeng, kegiatan kreatifitas seperti mengolah barang bekas menjadi mainan, bernyanyi, menari dan lain-lain. Sasaran utama kegiatan ini adalah anak-anak.

“Gimana caranya kita bikin mereka belajar tapi dengan cara yang bahagia gitu dan enggak bikin mereka suntuk atau bosan.” Tutur Winda.

Kegiatan TBM ini drutin dilaksanakan pada hari Minggu. TBM ini juga menyelenggarakan kegiatannya pada hari Sabtu ketika ada event event besar dan bulan Ramadhan.

Dikarenakan tempat utama penyelenggaraan kegiatan ini berada di ruang publik, Winda selaku volunteer mengatakan ada beberapa kendala yang ia rasakan, yaitu bisingnya kendaraan yang lewat karena tempat kegiatan ini berada di tengah-tengah jalan yang cukup ramai setiap harinya.

Kegiatan TBM ini memberi dampak banyak bagi warga sekitar, khususnya anak-anak karena di kegiatan ini mereka jadi banyak belajar keterampilan tangan, belajar menulis dan membaca dan juga membuat anak rehat sejenak dari penggunaan gawai.

Opini senada juga diucapkan oleh Rina, Warga sekitar yang menjadi pengunjung dari kegiatan TBM Kolong pada hari Minggu. Ia Mengatakan kegiatan ini cukup positif dan berdampak baik anaknya.

“Daripada dirumah terus cuman main hp sama nonton tv mending ikut kegiatan ini jadi bisa main sambil belajar” Ucap Rina.

Rina berharap kegiatan ini terus ada dan tetap berjalan dan memberikan edukasi bagi warga sekitar. Harapan juga dilontarkan oleh Winda selaku volunteer kegiatan ini, ia berharap agar TBM Kolong ini bisa mencetak generasi-generasi bangsa yang bermutu lewat kegiatan-kegiatannya.

Komentar